Underline

Anime - Aplikasi - Tips dan Trik - Custom Rom - Tangga Lagu

31 August 2017

Tips agar baterai smartphone tidak boros


        Apakah anda pengguna smartphone? Kalau iya, saya yakin dilemanya adalah baterai yang boros. Anda sudah gonta ganti baterai berkali-kali tapi hanya sembuh sebentar. Kali ini saya akan membagikan tips-tips agar baterai smartphone anda tidak boros.




1. Jangan gunakan smartphone ketika sedang dicharger.

        Pasti anda akan bertanya, kenapa begitu? Oke, pertanyaan saya, bisakah anda bersabar? Kalau anda gamers, saya yakin anda bermain game sambil dicharger. Kalau anda aktif di sosial media, saya yakin anda menggunakan smartphone anda ketika sedang dicharger. Tahukah anda kalau itu justru mempercepat usia baterai anda?

        Kalau anda anak elektronika, saya yakin anda tahu jawabannya. Jadi gini, saat baterai sedang diisi ulang maka itu artinya arus listrik masuk kebaterai. Dan ketika smartphone digunakan maka, arus listrik keluar dari baterai. Kalau kedua hal itu dilakukan secara bersama maka arus listrik tidak akan tersimpan dibaterai. Kondisi inilah yang akan meyebabkan baterainya menjadi boros.


2. Terlalu sering mengisi ulang baterai. 

         Pasti masih bingung ya? Yang saya maksud disini adalah ketika icon baterai diangka 30% atau 20% anda sudah mengisi ulang baterai anda. Pasti anda akan bertanya, apa hubungannya dengan baterai boros? Ya, ini memang ada hubungannya. Sekarang ibarat gini, anda makan udah kenyang, kemdian ketika anda sedikit merasa lapar anda sudah makan lagi sampaibkenyang. Maka lama kelamaan anda akan terbias, sehingga ketika sudah sedikit lapar ini anda akan merasakan lapar yang sangat.

         Begitu juga dengan baterai, jika belum waktunya isi ulang anda sudah melakukan isi ulang, maka lama juga akan terbiasa baterai anda. Sehingga baterai anda akan menjadi boros.


3. Baterai sering sampai kosong


         Ketika sudah ada peringatan baterai minta isi ulang dan anda mengabaikannya, bahkan anda mengabaikan sampai smartphone anda mati sendiri. Dan anda melakukan ini berulang kali, saya sarankan mulai saat ini anda untuk memperhatikan smartphone anda. Karena jika baterai sering sampai kosong, ternyata ini juga bisa membuat baterai menjadi boros.

          Didalam komponen baterai ada komponen yang bernama lithium. Jika lithium sampai kering, maka lithium tidak akan bisa menyimpan daya secara maksimal lagi. Kondisi inilah yang membuat baterai anda cepat habis.


4. Mengisi ulang baterai dengan Power Bank

           Power Bank juga ikut andil dalam mempercepat usia baterai. Anda tahu kenapa? Ya, Power Bank adalah sebuah alat penyimpanan daya yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai smartphone. Alasan inilah yang membuat Power Bank ikut serta, Power Bank adalah tempat penympanan, sehingga itu artinya Power Bank menggunakan baterai juga. Sementara yang akan anda isi ulang juga baterai. Jadi baterai untuk mengisi baterai.

           Dalam ilmu elektronika, arus bisa berjalan jika ampere salah satu bendanya lebih tinggi. Baterai power bank dan smartphone outputnya sama-sama 3,7 volt. Agar poer bank bisa mengisi baterai smartphone, maka dalam power bank ada program DC Conveter ke 5 volt. Jadi keluaran arus dari power bank menjadi 5 volt sehingga bisa untuk isi ulang baterai smartphone.

           Namun ternyata ini tidak bagus, karena arus yang sudah tersimpan di baterai itu sudah lemah. Kalau arus lemah ditransfer, ya arusnya makin lemah. Maka saya sarankan untuk mengisi ulang baterai anda langsung dari arus AC saja. Tapi bukan berarti saya melarang anda menggunakan Power Bank. Kalau misalnya kondisi tidak mendukung, silahkan gunakan Power Bank. Namun jangan terlalu sering menggunakannya.


           Sekian tips dari saya. Semoga ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya dan Sampai ketemu dipostingan selanjutnya.


loading...





No comments:

Post a Comment

Peringatan!
Mohon komentar tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, konten terlarang, dan lain - lain yang melanggar hukum Indonesia