Underline

Anime - Aplikasi - Tips dan Trik - Custom Rom - Tangga Lagu

01 September 2017

Penyebab Smartphone Sering lemot







Apakah kalian sering mengeluhkan smartphone yang lemot, bahkan mungkin dibeberapa kasus aplikasi yang sedang anda gunakan malah Force Close, pasti rasanya emosi kan?. Oke, kali ini saya akan membahas penyebab-penyebab smartphone menjadi lemot. Langsung saja…. 😂



1. Terlalu banyak aplikasi yang di pasang





Jika aplikasi yang anda pasang itu banyak, selain memakan RAM banyak Internal anda juga banyak yang terpakai untuk aplikasi-aplikasi ini. Jika anda merasakan perfoma smartphone anda tidak bagus atau lemot, coba anda kurangi aplikasi yang anda pasang. Bahkan kalau perlu sekalian akses root, hapus aplikasi bawaan smartphone yang sekiranya itu tidak diperlukan.


2. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang



Aplikasi sosmed seperti Facebook, BBM, WhatsApp, Instagram, Line, BIGO, UC Browser, dll, serta game yang berat-berat itu juga memakan RAM sangat banyak sekali hingga membuat smartphone anda menjadi lemot. 
Mulai saat ini, coba deh aplikasi sosmednya dikurangi. Tidak usah banyak-banyak sosmednya, cukup yang penting saja. Dan juga bermain gamenya dikurangi, apalagi game-game yang berat, kalau bisa malah stop sekalian biar smartphone anda tidak lemot. :D


3. Terkena virus




Apa anda tahu kalau smartphone ada virusnya? Dan kabarnya, virus yang menyerang smartphone OS lebih banyak ketimbang virus computer Windows OS. Tapi tenang saja, walaupun banyak virus yang menyerang smartphone, tapi virusnya tidak sebahaya virus komputer. Virus yang menyerang smartphone biasa aplikasi menggadakan sendiri, RAM penuh padahal aplikasi sedikit, dll.
Nah untuk  mengantisipasi virus ini, silahkan pasang aplikasi anti virus di play store seperti AVG dan yang lainnya. Kalau virusnya sudah terlanjur parah bagaimana? Ya, kalau sudah terlanjur tinggal di flash ke service center terdekat. Atau kalau anda berani, bisa anda tangani sendiri. Tapi kalau saran dari saya, lebih baik dibawa ke service center nya saja. Karena jika anda bawa ke service center, penanganannya lebih terjamin dan juga segel masih berlaku. 


4. Kapasitas RAM kurang besar




Lihat kapasitas RAM anda, pastikan kapasitasnya besar. Keunggulan kapasitas RAM yang besar diantaranya, smartphone anda lebih lancar, tidak force close saat membuka aplikasi banyak, lebih smooth, dan masih banyak lagi.
Nah yang  menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana cara memperbesar kapasitas RAM? Caranya adalah dengan membeli hardware yang baru, atau bahasa mudahnya membeli smartphone baru yang kapasitas RAMnya sudah besar. Kenapa harus beli baru? Karena smartphone berbasis mikro kontroler, sehingga sulit untuk meng utak-atik komponen RAM, dan juga tidak ada yang menjual RAM smartphone tapi adanya RAM PC.


Nah itu tadi artikel penyebab smartphone anda lemot dari saya. Semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah berkunjung di blog saya dan sampai ketemu dipostingan selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Peringatan!
Mohon komentar tidak mengandung unsur SARA, Pornografi, konten terlarang, dan lain - lain yang melanggar hukum Indonesia